Kopi Robusta Hitam | Distributor Robusta Jakarta

Kopi Robusta Hitam | Distributor Robusta Jakarta

Kopi Robusta Hitam | Distributor Robusta Jakarta
Kopi Robusta Hitam | Distributor Robusta Jakarta

Apakah kopi baik untukku?
Iya.

Dalam jumlah sedang, kopi tampaknya baik untuk kebanyakan orang – yaitu 3 sampai 5 cangkir setiap hari, atau hingga 400 miligram kafein.

“Buktinya cukup konsisten bahwa kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah,” kata Erikka Loftfield, seorang peneliti di National Cancer Institute yang telah mempelajari minuman itu.

Selama bertahun-tahun, kopi diyakini sebagai karsinogen yang mungkin, tetapi Pedoman Diet 2015 membantu mengubah persepsi. Untuk pertama kalinya, minum kopi moderat dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat. Ketika para peneliti mengendalikan faktor gaya hidup, seperti berapa banyak peminum kopi berat juga yang merokok, data memberi tip untuk kopi.

Sebuah ulasan besar pada 2017 tentang konsumsi kopi dan kesehatan manusia di British Medical Journal juga menemukan bahwa sebagian besar waktu, kopi dikaitkan dengan manfaat, daripada bahaya. Dalam memeriksa lebih dari 200 ulasan studi sebelumnya, para penulis mengamati bahwa peminum kopi moderat memiliki lebih sedikit penyakit kardiovaskular, dan kematian dini dari semua penyebab, termasuk serangan jantung dan stroke, daripada mereka yang melewatkan minuman.

Buka lebih banyak artikel gratis.
Buat akun atau masuk
Selain itu, para ahli mengatakan beberapa efek perlindungan terkuat mungkin dengan diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan kondisi hati seperti sirosis, kanker hati dan penyakit hati kronis. Sebagai contoh, memiliki sekitar lima cangkir kopi sehari, bukannya tidak sama sekali, berkorelasi dengan penurunan 30 persen risiko diabetes tipe 2, menurut meta-analisis dari 30 studi.

Manfaat potensial dari kopi mungkin dari polifenol, yang merupakan senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan, menurut Dr. Giuseppe Grosso, asisten profesor nutrisi manusia di University of Catania di Italia dan penulis utama tinjauan payung di Tahunan Ulasan Nutrisi.

Namun, kopi bukan untuk semua orang. Ada kekhawatiran tentang konsumsi berlebih. Ini terutama berlaku untuk ibu hamil karena keamanan kafein selama kehamilan tidak jelas. Sementara penelitian tentang dampak kopi terhadap kesehatan sedang berlangsung, sebagian besar pekerjaan di bidang ini bersifat observasional.

“Kami tidak tahu pasti apakah kopi merupakan penyebab manfaat kesehatan,” kata Jonathan Fallowfield, seorang profesor di University of Edinburgh, dan penulis bersama dari tinjauan British Medical Journal. “Temuan ini bisa jadi karena faktor atau perilaku lain yang ada pada peminum kopi.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *