Aroma Kopi Robusta | Precola robusta

Aroma Kopi Robusta | Precola robusta

Ilustrasi kopiIlustrasi kopi

Kopi memang memiliki aroma yang sangat khas. Anda mungkin tipe orang yang akan terbangun bila orang di rumah membuat kopi pada pagi hari. Apalagi, kalau kopi yang digunakan adalah biji kopi berkualitas tinggi, pasti aromanya sangat kuat.

Mengapa kopi memiliki aroma yang khas? Ternyata, para peneliti menemukan ada 800 kandungan di dalam kopi yang berhubungan dengan aroma khasnya. Kopi juga kaya dengan senyawa-senyawa heterosoklik yang memengaruhi rasa dan aroma suatu bahan.

Lalu apa manfaat dari mencium aroma kopi? Ada peneliti yang menemukan kalau manusia cenderung menyukai aroma khas kopi karena aromanya yang bisa membuat kita lebih terjaga. Hal ini disebabkan karena ada sinyal yang terkirim ke otak dan menstimulasinya.

Ada penelitian yang menunjukan kalau minum dan mencium aroma kopi bisa memengaruhi gen-gen dan protein-protein dalam otak. Bahkan, penelitian dari Seoul National University juga menemukan kalau aroma kopi bisa memengaruhi otak kita, atau dalam penelitian ini memengaruhi tikus-tikus percobaan yang sebagian di antaranya kurang tidur.

Hasilnya, tikus-tikus yang kurang tidur dan mencium aroma kopi memperlihatkan perubahan pada protein otak. Mereka terlihat lebih tenang dan mengeluarkan fungsi antioksidan. Namun, fakta ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain bisa memberikan ketenangan, aroma kopi juga dipercaya bisa menghilangkan stres di pagi hari sehingga meningkatkan mood untuk beraktivitas. Tidak heran bila ada beberapa orang yang suka membuat kopi di pagi hari. Namun tetap batasi mengonsumsi kopi setiap harinya karena kandungan kafein pada kopi bisa membuat depresi bila berlebihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *